Bergabung dengan komunitas kami untuk terhubung dengan orang-orang di Bina Antarbudaya:

Relawan Bina Antarbudaya Berkunjung ke Malaysia untuk Program Volunteer Exchange

 

Sebelum tiba di Chapter masing-masing, peserta menghadiri welcome dinner yang diadakan oleh AFS Malaysia bertempat di Kuala Lumpur. Hari berikutnya peserta berangkat menuju ke Chapter beserta relawan AFS Malaysia. Selama di Chapter, peserta mengikuti berbagai kegiatan, seperti: community service; kegiatan kultural; kunjungan ke sekolah; dan kegiatan dengan host family/ekskursi.

Di Chapter Kuantan, peserta mengikuti kegiatan community service bersama Lions Club Kuantan di Assunta Social Centre dan Rapha Children’s House. Di kedua tempat tersebut, peserta mengajarkan Bahasa Inggris dan juga memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak yatim piatu. Selanjutnya, peserta melakukan kegiatan ekskursi mengunjungi beberapa tempat wisata di Kuantan dan sekitarnya (Sungai Lembing Museum, Hanging Bridge, Malaka, Batu Caves), sementara untuk kegiatan kultural peserta belajar membuat batik di Natural Batik dan mengunjungi pembuatan kain tenun/songket Pahang Diraja. Peserta juga mengunjungi Sekolah Menengah Kebangsaan (Air Putih) di Kuantan. Disana peserta bertukar informasi terkait dengan kebudayaan dan sistem pendidikan di negara masing-masing.

Sementara itu, di Chapter Perlis peserta program volunteer exchange lebih banyak mengikuti kegiatan-kegiatan kultural dan ekskursi, seperti: bersepeda di pusat kota; mengunjungi perkebunan Perlis Grape, Herbs Garden, Bee Farm; mengunjungi Royal Museum Arau; Felda Matair; Alor Setar Tower; Kedah Museum; Perlis Agricultural Center; dan ekskursi ke Langkawi. Dalam kegiatan kultural dan ekskursi, peserta juga diperkenalkan dengan olahraga kebangsaan Malaysia, Woodball.  Lebih lanjut, peserta juga melakukan community service di Panti Asuhan Rumah Penyayang; dan Paya guring. Selain kegiatan-kegiatabn tersebut, peserta juga diundang untuk menghadiri upacara dan resepsi pernikahan adat untuk lebih mengenal budaya Malaysia.

 Setelah mengikuti kegiatan-kegiatan di Chapter, peserta kembali ke Kuala Lumpur untuk mengikuti AFS Malaysia Volunteer Congress. Kegiatan AFS Malaysia Volunteer Congress diadakan bertepatan dengan International Volunteers Day, dengan tema “Rockin’ Volunteers”. Selama empat hari, peserta volunteer exchange berbaur dengan relawan AFS Malaysia, berbagi ide dan pemikiran untuk kemajuan organisasi. Dalam kesempatan ini, peserta volunteer exchange juga memberikan presentasi terkait dengan kesukarelawanan di negara/organisasi masing-maisng; proses rekrutmen relawan; menjaga returni; dan menjaga dan mengembangkan relawan di Chapter.

Kegiatan volunteer exchange ke Malaysia merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menuju 30 tahun Bina Antarbudaya. Selama periode 2014-2015, Bina Antarbudaya membuka kesempatan bagi  10-15 orang relawan aktif di Chapter untuk mengikuti program ini.

Bincang-Bincang dengan Veteran RI

Dalam rangka memperingati HUT Bina Antarbudaya yang ke 27, divisi Pengembangan Relawan memprakarsai acara yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bina Antarbudaya merasa perlu untuk selalu memperbarui semangat para relawan untuk memberikan kontribusi pada komunitasnya.…

GYSD 2017 – YES Alumni Indonesia

Environment Troops Challenge