Bergabung dengan komunitas kami untuk terhubung dengan orang-orang di Bina Antarbudaya:

Volunteer Malaysia Tiba di Indonesia

Pada tanggal 13 Oktober, Bina Antarbudaya menerima tiga orang relawan dari Malaysia untuk program Volunteer Exchange. Untuk Program ini, Chapter Karawang sebagai host dari ketiga relawan Malaysia tersebut. Selama dua minggu, relawan mengikuti program yang dipersiapkan oleh Chapter, yang mencakup: diskusi dengan relawan Chapter, kunjungan ke sekolah, kunjungan ke LSM, kunjungan ke CPO, dan beberapa cultural activities.

Di minggu pertama, relawan melakukan kunjungan ke beberapa sekolah seperti SMA Global Prestasi Bekasi; TK/SD/SMP Al Fajri Kalimalang; SMAN 2 Bekasi; SMA Labschool Kaizen. Selama melakukan kunjungan ke sekolah, peserta tidak hanya bertemu dengan Kepala Sekolah dan guru untuk sharing mengenai sistem pendidikan di Indonesia dan Malaysia, tetapi juga melakukan presentasi budaya ke beberapa siswa di sekolah.  Selain berkunjung ke sekolah, peserta exchange bersama dengan peserta hosting year program di Chapter Karawang juga mengunjungi  dan berbagi dengan anak-anak yatim piatu dan kurang mampu di Yayasan Sayap Ibu Bintaro. Rumah Baca Kids, Bekasi yang dikelola oleh salah satu relawan di Chapter Karawang. Bersama dengan relawan Chapter, para peserta exchange juga mengunjungi beberapa tempat wisata, seperti Taman Mini Indonesia Indah; Tangkuban Perahu; dan Saung Mang Udjo di Bandung.

Serupa dengan minggu pertama, kegiatan peserta exchange di minggu kedua juga masih mencakup kunjungan ke sekolah, LSM, dan cultural activities. Sekolah Citra Alam dan SMAN 1 Klari, Karawang merupakan sekolah-sekolah yang dikunjungi peserta exchange. Peserta exchange juga melakukan kunjungan ke Yayasan Cipta Mandiri Bogor untuk melihat aktivitas belajar-mengajar bagi anak-anak dan remaja kurang mampu. Yayasan Cipta Mandiri merupakan mitra Bina Antarbudaya untuk program 18+. Untuk cultural program, relawan Chapter Karawang mengantar peserta exchange ke Monumen Nasional dan beberapa lokasi wisata lainnya di Jakarta.

Program Volunteer Exchange merupakan inisiatif Bina Antarbudaya bekerja sama dengan negara mitra di wilayah Asia Pasifik sebagai bagian dari program hosting jangka pendek, dan juga pengembangan relawan. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada relawan di Chapter Karawang yang telah mendukung program hosting relawan peserta Volunteer Exchange dari Malaysia 13-25 Oktober 2014.

Konferensi Pembelajaran Antarbudaya

Lebih dari 80 orang peserta telah berpartisipasi dalam kegiatan AFS AAI SIETAR Bali Intercultural Conference yang telah diselenggarakan di Sanur, Bali pada 15-17 April 2015.

Newsletter from Italy by Ghazy Wira .S.

This is the story from our student in the land of Romeo and Juliet. How did he manage to survive with the linguistic barrier? And of course, how's the pizza?