Bergabung dengan komunitas kami untuk terhubung dengan orang-orang di Bina Antarbudaya:

YES Alumni Berbagi Melalui IYAA Mini Grants 2014

Dalam rangka mendukung pengembangan relawan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, Bina Antarbudaya menginisiasikan IYAA Mini Grant. IYAA Mini Grant merupakan skema pendanaan yang difasilitasi oleh Bina Antarbudaya bagi alumni dan relawan di Chapter untuk mengembangkan dan mengimplementasikan proyek sosial di komunitasnya.

Kesempatan untuk mendaftar IYAA Mini Grant terbuka bagi semua alumni program YES yang telah memberikan kontribusi secara aktif baik di Chapter ataupun komunitasnya. Alumni memiliki peran sebagai project officer, dimana idealnya melibatkan relawan lainnya di Chapter dalam implementasi project.

Pada masa pendaftaran yang pertama di tahun 2014, beberapa alumni dari Chapter yang berbeda mengirimkan aplikasinya untuk IYAA Mini Grant cycle 1. Aplikasi yang masuk kemudian diseleksi oleh Kantor Nasional Bina Antarbudaya, yang akhirnya meloloskan dua proyek sosial yang dikembangkan oleh alumni, yaitu : “Pfuze: Reusing Plastic the Smart Way” dan “Penyuluhan Kesehatan dan Pengobatan Gratis di Desa Nibung, Bangka Tengah”.

Pfuze: Reusing Plastic the Smart Way” merupakan proyek sosial yang diinisasikan oleh sekelompok relawan dan mahasiswa di Chapter Bandung, dimana Yanti Silviana (alumni YES 2009 – 2010) bertanggung jawab sebagai project officer. Proyek sosial ini dikembangkan atas keprihatinan akan kondisi lingkungan, terutama yang terkait dengan sampah dan kurangnya perhatian terhadap kelestarian lingkungan. Melalui proyek sosial ini, panitia berusaha untuk menangani permasalahan tersebut, sekaligus juga untuk memberdayakan komunitas marjinal di sekitar mereka. Tujuan – tujuan tersebut diimplementasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan seperti: memberikan penyuluhan kepada pemungut sampah di kawasan Jatinangor akan pentingnya melakukan daur ulang sampah, dan juga memberikan pelatihan pemanfaatan sampah menjadi benda daur ulang yang memiliki nilai jual. Selain itu, panitia dan relawan juga mendorong warga untuk dapat mandiri dengan mengembangkan usaha dari pembuatan benda daur ulang. Dengan pendaaan IYAA Mini Grant, panitia membeli mesin jahit sebagai modal untuk proses produksi produk benda daur ulang yang memiliki nilai jual.

YES Alumni Berbagi Melalui IYAA Mini Grants 2014

Teaser harap diisi agar tampilan lebih bagus. Dalam rangka mendukung pengembangan relawan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, Bina Antarbudaya menginisiasikan IYAA Mini Grant. IYAA Mini Grant merupakan skema pendanaan yang difasilitasi oleh Bina Antarbudaya bagi alumni…