Bergabung dengan komunitas kami untuk terhubung dengan orang-orang di Bina Antarbudaya:
Chapter
Karawang

Hosting Farewell 2015-2016

                                  FAREWELL PARTY SISWA HOSTING    

YP 2014 - 2015

 

Hi Keluarga Besar Chapter Karawang !

Masih ingat dengan 3 siswa hosting kita ?  Mereka adalah Helene Bee/USA , Theresa/Jerman dan Riko Okada/Jepang. Siswa Hosting YP 2014-2015 selesai menjalani program exchange sampai dengan juni 2015. Di awal bulan juli mereka sudah dijadwal harus pulang kembali ke Negara asal mereka masing-masing.

Chapter Karawang mengadakan Farewell Party yang diadakan di SMAN 1 Karawang untuk melepas ke tiga siswa hosting sebagai penutup selesainya program hosting YP 2014/2015. Karena acara Farewell Party ini persis jatuh di bulan Ramadhan maka kami pun mengadakannya di sore hari agar bisa dilanjut dengan acara Buka Puasa Bersama. Acara dimulai jam 17.00 s/d 20.00. Dihadiri oleh keluarga siswa Hosting, kakak Pengurus Chapter, kakak Returnee dan kakak Volunteer. Nikmatnya bisa merasakan buka puasa bersama dengan keluarga besar Chapter Karawang.

Luar biasa!

Ditengah acara para siswa hosting memberikan persembahan berupa tari Topeng dari Betawi. Kami kagum melihat mereka mau mempelajari budaya tari Betawi tsb. Tidaklah mudah bagi mereka untuk mempelajari setiap gerak tarian. Tapi mereka berusaha keras di setiap latihan. Dan ternyata mereka mampu melakukannya. Ini membuktikan bahwa mereka bersungguh-sungguh ingin belajar dan mengenal budaya Indonesia.

Dua siswa sending yp 2015-2016 yaitu Miftah dan Fakhrul ngga mau ketinggalan untuk memeriahkan acara.  Mereka menyumbangkan satu buah lagu dari Ipang berjudul Sahabat Kecil. Lagu ini menceritakan bahwa kita semua merasa akan kehilangan kebersamaan yang manis dengan sahabat-sahabat kita ini dan tak ingin semuanya harus berakhir  :(

 

Bagaimana dengan kakak-kakak Returnee yang hadir disaat itu ?  Mereka juga ngga mau kalah serunya. Mereka memberikan perform dadakan nyanyi bareng beberapa lagu dengan iringan gitar oleh kak Rakhma. Pokoknya TOP BGT untuk kakak-kakak Returnee Chapter Karawang, salut deh!

Dalam salah satu urutan acara terdapat acara simbolis pelepasan siswa hosting yaitu melepaskan ikatan pita merah putih ditangan siswa dan mengembalikan bendera Negara asal milik siswa yang pernah dititipkan kepada Hostfam mereka masing-masing saat mereka datang. Arti dari simbolis ini selama tinggal di Indonesia, siswa hosting bersedia melebur dengan budaya Indonesia dan melepas kebiasaan mereka di Negara asal. Dan disaat mereka akan pulang, mereka harus siap kembali dengan  budaya Negara mereka masing-masing.

 

 

Di acara ini ternyata kamipun harus dengan berat hati melepas kepergian Koordinator Hosting kita tersayang. Kak Erison besok dini hari harus berangkat ke Myanmar sehubungan dengan kepindahan tugas untuk jangka waktu yang cukup lama. Selamat jalan Kak Erison. Semoga sukses selalu di tempat yang baru. Terima kasih yang sebesar-besarnya dari kami Chapter Karawang atas partisipasinya selama ini. Dan saat itu kakak-kakak Returnee mempersembahkan sebuah lagu khusus untuk Kak Erison sebagai salam perpisahan

Kami atas nama Bina Antar Budaya mengucapkan terima kasih kepada SMAN 1 Karawang yang sudah menyediakan tempat untuk acara ini. Dan juga kepada kakak Returnee yang sudah membantu pelaksanaan EOS siswa Hosting yg dilaksanakan dihari yang sama. Semoga hari ini bisa menjadi kenangan manis untuk kita semua

It’s always hard Saying Goodbye……

Bina Antarbudaya yang juga dikenal sebagai mitra

Relawan Bina Antarbudaya mengkontribusikan waktu, tenaga dan pengetahuan yang dimiliki, karena mereka…Bina Antarbudaya yang juga dikenal sebagai mitra utama AFS Intercultural Programs di Indonesia, merupakan organisasi berbasis relawan, dimana servis dan

Kak Taufiq Ismail

aufiq Ismail merupakan angkatan pertama AFS Indonesia bersama Maulani dan lima pelajar lain. Saat itu, rombongan wong ndeso ini harus menempuh perjalanan dengan kapal laut selama sebulan sebelum mendarat di Amerika.

Elok Dianike Malay

“Di Yayasan Bina Antarbudaya saya memiliki banyak teman dan saudara untuk berbagi kenangan lama dan bertemu dengan relawan lain"